CHAT Via WhatsApp
diposkan pada : 13-06-2023 16:33:28

Dilihat : kali

Hubungan antara pendidikan dan kesejahteraan seseorang adalah bahwa pendidikan yang baik pada seseorang akan mempersiapkan dirinya untuk mendapatkan peluang kerja atau menciptakan usaha. Semakin baik pendidikan di seseorang, maka kemampuannya untuk berpikir orientasi kedepan juga semakin terbuka sehingga dapat meningkatkan taraf hidup dan sejahtera. Pendidikan juga merupakan salah satu indikator dalam mengukur kesejahteraan masyarakat.

Pendidikan merupakan upaya memanusiakan manusia yang berkontribusi untuk terwujudnya kehidupan yang berintelektual. Hal ini sejalan dengan apa yang terdapat dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yaitu “mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kesejahteraan umum”. Secara umum, pendidikan mempunyai cita-cita untuk mewujudkan manusia yang memiliki daya saing, berkompetensi, berkualitas dan berbudi pekerti yang baik

Menurut Ha-Joon Chang, ekonom dan penulis beberapa buku ekonomi ternama dari Cambridge University, tidak banyak bukti yang menyatakan bahwa semakin tinggi pendidikan akan membuat kesejahteraan nasional juga membaik. Salah satu sebabnya adalah ketidakmampuan proses bersekolah memenuhi dan membekali seseorang dengan kemampuan yang benar-benar diperlukan saat mereka terjun ke lapangan kerja.

Namun, pendidikan tetap memiliki peran penting dalam upaya kesejahteraan rakyat. Pendidikan merupakan upaya memanusiakan manusia yang berkontribusi untuk terwujudnya kehidupan yang berintelektual. Hal ini sejalan dengan apa yang terdapat dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yaitu “mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kesejahteraan umum”. Secara umum, pendidikan mempunyai cita-cita untuk mewujudkan manusia yang memiliki daya saing, berkompetensi, berkualitas dan berbudi pekerti yang baik.

Pendidikan berkualitas merupakan salah satu dari 17 tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) yang harus dicapai untuk menciptakan masyarakat yang sejahtera. Pendidikan berkualitas tidak hanya menciptakan generasi muda, tetapi juga membawa perubahan yang besar. Ada beberapa upaya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya adalah pengembangan kreativitas masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya alam.

Tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) terdiri dari 17 tujuan yang harus dicapai untuk menciptakan masyarakat yang sejahtera. Berikut ini adalah 17 tujuan tersebut:

  1. Tanpa Kemiskinan (No Poverty)
  2. Tanpa Kelaparan (Zero Hunger)
  3. Kehidupan Sehat dan Sejahtera
  4. Pendidikan Berkualitas
  5. Kesetaraan Gender
  6. Air Bersih dan Sanitasi Layak
  7. Energi Bersih dan Terjangkau
  8. Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi
  9. Industri, Inovasi dan Infrastruktur
  10. Berkurangnya Kesenjangan
  11. Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan
  12. Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab
  13. Penanganan Perubahan Iklim
  14. Ekosistem Lautan
  15. Ekosistem Daratan
  16. Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh
  17. Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.

Demikianlah sekilas tentang bagaimanan pendidikan menjadi salah satu indikator dalam mengukur kesejahteraan masyarakat. Suatu masyarakat dengan tingkat pendidikan yang tinggi diharapkan juga memiliki kualitas hidup yang tinggi sehingga kesejahteraan dapat tercapai.

Sumber: 

  1. roboguru.ruangguru.com
  2. ijc.ilearning.co neliti.com
  3. kompasiana.com mediaindonesia.com 
  4. kompasiana.com
  5. kompas.com
  6. pontianakpost.jawapos.com

Penerimaan Mahasiswa Baru Jenjang Diploma dan Sarjana Politeknik LP3I Bandung Kunjungi Kampus Terdekat di Bandung

Posting by Admin

Penerimaan Mahasiswa Baru Jenjang Diploma dan Sarjana Politeknik LP3I Bandung Kunjungi Kampus Terdekat di Bandung

Apakah Pendidikan Memberikan Pengaruh Terhadap Kesejahteraan? | Politeknik LP3I Bandung Kuliah Sukses Tanpa Stress! Dapatkan gelar ahli madya sambil bekerja di kelas karyawan politeknik LP3I Bandung. Jadwal kuliah menyesuaikan dengan jadwal kerja anda di Bandung. Biaya kuliah terjangkau, hanya Rp. 650 ribu per bulan karyawan bisa kuliah tanpa tes. Peluan



3938 Kali